Jumat, 22 November 2013

CONTOH ANTIOKSIDAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kesehatan merupakan hal yang sangat penting.Tanpa kesehatan yang optimal,kita tidak bisa melakukan apa-apa,oleh karena itu sehat merupakan dambaan setiap orang.Peningkatan prevalensi penyakit degeneratif di Indonesia memotivasi para peneliti pangan dan gizi Indonesia untuk mengeksplorasi senyawa-senyawa antioksidan yang berasal dari sumber alami khususnya buah-buahan.
Dalam makalah ini kelompok kami melakukan penataan, pengaturan, dan berusaha memaparkan point-pointnya secara jelas dan mudah dimengerti dengan tujuan supaya efektif dan efisien.Pembahasan dalam setiap babnya akan dijelaskan mengenai definisi antioksidan dan buah yang mengandung antioksidan.Apa itu Antioksidan? Antioksidan, ya Antioksidan! Beberapa diantara Anda mungkin sudah mengenal dengan baik apa itu sebenarya antioksidan. Seberapa tahukah Anda tentang Antioksidan? Banyak, sedang, atau malah sedikit? Nah makalah ini akan membantu Anda untuk jauh lebih mengenali tentang apa, cara kerja, manfaat, dan jenis dari Antioksidan.
Antioksidan dapat didefinisikan sebagai suatu zat yang dapat menghambat / memperlambat proses oksidasi. Oksidasi adalah jenis reaksi kimia yang melibatkan pengikatan oksigen, pelepasan hydrogen, atau pelepasan elektron. Proses oksidasi adalah peristiwa alami yang terjadi di alam dan dapat terjadi dimana-mana tak terkecuali di dalam tubuh kita.Coklat hitam cegah kerusakan jantung. Lagi-lagi penggemar coklat mendapat kabar baik. Mengunyah satu keping kotak coklat hitam sehari mampu mencegah kerusakan jantung, demikian menurut ilmuwan. Mengenal aneka buah beri yang berfaedah.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk menunda,memperlambat, dan mencegah terjadinya proses oksidasi lipid.Dalam arti khusus,antioksidan adalah yang dapat menunda dan mencegah terjadinya reaksi antioksidasi radikal bebas dalam oksidasi lipid.Antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat dan mencegah oksidasi molekul/zat lain.Antioksidan alami dapat diperoleh dari buah-buahan,sayuran,kacang-kacangan,dan polong-polongan dan disintesis didalam tubuh manusia dapat juga diperoleh dari suplemen yang diformulasikan secara khusus.
Zat anti oksidanadalahsubstansi yang dapatmenetralisirataumenghancurkanradikalbebas.Radikalbebasmerupakanjenisoksigen yang memilikitingkatreaktif yang tinggidansecaraalamiadadidalamtubuhsebagaihasildarireaksibiokimia di dalamtubuh.Radikalbebasjugaterdapat di lingkungansekitarkita yang berasaldaripolusiudara, asaptembakau, penguapanalkohol yang berlebihan, bahanpengawetdanpupuk, sinar Ultra Violet, X-rays, danozon. Radikalbebasdapatmerusakseltubuhapabilatubuhkekuranganzat anti oksidanatausaattubuhkelebihanradikalbebas. Hal inidapatmenyebabkanberkembangnyaselkanker, penyakithati, arthritis, katarak, danpenyakitdegeneratiflainnya, bahkanjugamempercepat proses penuaan.
Radikalbebasdapatmerusakmembranselsertamerusakdanmerubah DNA.Merubahzatkimiadalamtubuhdapatmeningkatkanresikoterkenakankersertamerusakdanmenonaktifkan protein.
2.2       Sumber antioksidan
Sumber – sumber antioksidan dapat dikelompokan menjadi dua,yaitu antioksidan sintetik (antioksidan yang diperoleh dari hasil sintesis reaksi kimia) dan antioksidan alami (antioksidan hasil ekstraksi bahan alami).Beberapacontohantioksidansintetik yang diijinkanpenggunaanyauntukmakanandanpenggunaannyatelahseringdigunakan, yaitubutilhidroksianisol (BHA), butilhidroksitoluen (BHT), propilgalat, tert-butilhidoksiquinon (TBHQ) dantokoferol. Antioksidan-antioksidantersebutmerupakanantioksidanalami yang telahdiproduksisecarasintetisuntuktujuankomersial.Antioksidan alami dapat berasal dari senyawa antioksidan yang sudah ada dari satu atau dua komponen makanan,senyawaantioksidan yang terbentukdarireaksi-reaksiselama proses pengolahan, senyawaantioksidan yang diisolasidarisumberalamidanditambahkankemakanansebagaibahantambahanpangan
Senyawaantioksidan yang diisolasidarisumberalamiadalah yang berasaldaritumbuhan. Kingdom tumbuhan, Angiosperm memilikikira-kira 250.000 sampai 300.000 spesiesdandarijumlahinikuranglebih 400 spesies yang telahdikenaldapatmenjadibahanpanganmanusia. Isolasiantioksidanalamitelahdilakukandaritumbuhan yang dapatdimakan, tetapitidakselaludaribagian yang dapatdimakan.Antioksidanalamitersebar di beberapabagiantanaman, sepertipadakayu, kulitkayu, akar, daun, buah, bunga, bijidanserbuk sari.Senyawaantioksidanalamitumbuhanumumnyaadalahsenyawafenolikataupolifenolik yang dapatberupagolongan flavonoid, turunanasamsinamat, kumarin, tokoferoldanasam-asamorganikpolifungsional. Golongan flavonoid yang memilikiaktivitasantioksidanmeliputiflavon, flavonol, isoflavon, kateksin, flavonoldankalkon.Sementaraturunanasamsinamatmeliputiasamkafeat, asamferulat, asamklorogenat, dan lain-lain.
            Makalah antioksidan ini membahas tentang manfaat buah-buahan beserta kandungan zat antioksidan yang ada didalamnya.Buah-buahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1.      Raspberry merah
2.      Alpukat
3.      Jambu biji
4.      Kiwi
5.      Buah naga
Masing-masing buah tersebut mengandung zat antioksidan yang beragam.Zat antioksidan tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda.Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan agar terhindar dari radikal bebas.
2.3       Pembahasan buah-buahan yang mengandung antioksidan
1.      Raspberry merah
Description: D:\raspberry merah -kimia-\fantastic4-buah-antioksidan-dan_files\images_004.jpg
Frambos atau biasa dikenal sebagai buah raspberry merupakan sejenis tanaman yang berasal dari genus Rubus. Namun bahasa standar internasional dari buah ini adalah Rubus idaeus.Cukup sulit untuk menemukan buah Raspberry di Indonesia, namun yang paling umum buah raspberrybiasanya ditemukan dalam bentuk selai atau sirup frambosia.Buah raspberry mempunyai bentuk yang kecil dan mempunyai banyak warna, yaitu merah, hitam, ungu dan emas. Namun buah raspberry yang paling sering ditemukan adalah buah raspberry yang berwarna merah.Buah ini mempunyai rasa yang asam. Itu karena buah ini mempunyai kadar vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga sangat baik buat orang yang sedang membutuhkan asupan vitamin C.
Kandungan antioksidan pada buah ini sangat tinggi, sehingga buah ini mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini dengan memperbaiki sel kulit yang rusak dan menjaga kelembapan kulit.Selain itu kandungan antioksidan pada buah raspberry bisa mencegah  berkembangnya sel kanker dan tumor. Kandungan anthocyanin pada buah raspberry mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu daya penglihatan.Berikut ini adalah kandungan nutrisi dan senyawa pada buah raspberry, diantaranya :
ü  Karbohidrat
ü  Gula alami
ü  Diet serat
ü  Lemak tak jenuh
ü  Monounsaturated
ü  Polyunsaturated
ü  Protein
ü  Vitamin A
ü  Vitamin C
ü  Vitamin K
ü  Beta-karoten
ü  Kalsium
ü  Besi
ü  Sodium
ü  Mangan
ü  Anthocyanin
Berikut ini adalah manfaat dari buah raspberry, yaitu :
·                     Mencegah memar
·                     Mengurangi resiko kanker
·                     Membantu membakar kalori
·                     Mencegah penyerapan lemak
·                     Meningkatkan metabolisme lipid
·                     Mampu menyuplai energi ke tubuh
·                     Menekan produksi lemak
·                     Menjaga kesehatan gigi
·                     Mencegah tulang keropos (osteophorosis)
·                     Mencegah epilepsi
·                     Mengurangi penyakit jantung
·                     Mencegah penyakit diabetes
·                     Meningkatkan penglihatan
·                     Meningkatkan daya ingat
·            Membantu menurunkan berat badan
·                     Menghilangkan rasa nyeri pada sendi
·                     Mencegah proses penuaan
·                     Dan lain-lain.
Salah satu zat yang dikandungnya adalah Asam ellagic.Senyawa ini, banyak ditemukan dalam raspberry merah dan bisa dikatakan sebagai salah satu pelawan kanker yang paling ampuh karena memiliki sifat antimutagenik. Sebuah penelitian di Hollings Cancer Center di Medical University of South California (MUSC) menemukan bahwa asam ellagic berfungsi memperlambat pertumbuhan sel abnormal pada usus manusia dan mencegah terinfeksinya sel-sel dari human papiloma virus (HPV), yang terkait dengan kanker serviks.
Bahkan, senyawa tersebut hanya menyerang sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat, suatu proses yang bermanfaat dalam memerangi prostat, payudara, paru-paru, kanker kerongkongan dan kulit. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam ellagic dapat melawan penyakit jantung, mengurangi risiko cacat lahir dan mempercepat penyembuhan luka.
Vital Merah, suplemen gizi dari Cyberwize menawarkan perlindungan Antioksidan Super langsung dari raspberry superfruit. Asam ellagic,Antioksidan poten yang ditemukan di raspberry merah telah diintensifkan menggunakan seluruh makanan memproduksi ke dalam jenis yang cocok dari Red Vital.Sekarang, hampir semua orang telah mendengar tentang "superfruits". Para raspberry merah dianggap sebagai superfruit, penuh dengan antioksidan. Oleh karena itu, jika semua orang tahu tentang mereka dan seberapa besar mereka, mengapa tidak sebagian besar individu memakannya setiap hari? Jawaban untuk pertanyaan itu adalah multifold - mereka tidak selalu tersedia, mereka mahal dan kau harus makan banyak dalam rangka mewujudkan manfaat. Selain itu, kadar antioksidan seperti asam ellagicmungkin berbeda dari tanaman untuk tanaman karena Anda hanya tidak tahu apa yang Anda mendapatkan. Dengan Red Vital, semua masalah ini dihilangkan. Anda akan bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari raspberry merah, bersama dengan efek antioksidan kuat dalam banyak cara yang lebih mudah aa.
Tentang Antioksidan kerusakan radikal bebas dari paparan racun lingkungan atau dari proses alami dari penuaan dapat menyebabkan beberapa kondisi Kesehatan termasuk penyakit jantung, demensia dan arthritis. Kerugian yang disebabkan oleh radikal bebas juga dapat meningkat bahaya kanker dan mengurangi fungsi kekebalan tubuh yang mengarah ke kemungkinan yang lebih besar dari infeksi virus dan lainnya. Antioksidan, seperti asam ellagic yang terkandung di Red Vital telah mengungkapkan untuk memiliki kemampuan untuk mencegah dan membalikkan kerugian yang disebabkan oleh radikal bebas dan melindungi sistem tubuh terhadap kerusakan di masa depan.

Raspberry
            Buah Raspberry tergolong dalam genus Rubus, dan meliputi beberapa spesies, yakni diantaranya R. idaeus, R. arcticus, R. crataegifolius, dan R. occidentalis. Raspberry kerap kali kita temui sebagai bahan campuran membuat cake ataupun minuman. Meskipun terkadang raspberry yang digunakan bukanlah buah segar tapi cenderung yang sudah dijadikan selai.


Manfaat Buah Raspberry
Meskipun bentuknya yang mungil dan rasanya yang asam, Raspberry menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat Raspberry:
1.   Mengandung banyak kandungan antioksidan polifenol, seperti pigmen antosianin. Antosianin mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan mencegah proses penuaan.
2.   Mengkonsumsi lebih dari 3 kali sehari raspberry dapat membantu penglihatan lebih baik, khususnya karena faktor usia.
3.   Rasanya yang asam menandakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya yang dapat meningkatkan antibodi tubuh sehingga kebal terhadap serangan virus penyakit.
4.   Kandungan antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas dan melawan penuaan sejak dini.
5.   Antioksidan bisa mencegah terjadinya perkembangan sel kanker dan tumor.
6.   Membantu memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga menjaga kelembapan kulit membuatnya terasa lembut dan kenyal.
7.    Raspberry berkhasiat sebagai pencuci perut yang ringan dan mengatasi masalah pencernaan.
8.   Raspberry bermanfaat untuk masalah haid karena tingkat phytoestrogennya tinggi sehingga membantu mengatasi siklus haid yang tidak menentu, PMS, dan masalah menopause.
9.   Selain Vitamin C Raspberry juga mengandung serat, Vitamin B1, B2 & B3, Mangan, Asam folat dan Zat besi.
10. Penelitian menyatakan Raspberry adalah salah satu buah yang cukup aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes
11.  Mengkonsumsi Raspberry secara teratur, dapat membuat tubuh tidak mudah lelah dan mencegah      terjadinya nyeri pada persendian.
12.  Daun raspberry merupakan ramuan herbal kuno yang dipercaya bermanfaat untuk kehamilan karena memperkuat kandungan.
13. Teh dari daun raspberry juga digunakan untuk mengatasi masalah haid, termasuk kram yang mengganggu.
14.    Raspberry membantu pembaruan sel.
Sebenarnya Raspberry memiliki beberapa jenis, yaitu Red Raspberry, Yellow Raspberry, Orange/Albino Raspberry, Black Raspberry. Tetapi jenis Raspberry yang paling banyak ditemui dan digunakan adalah Red Raspberry.Buah Raspberry merupakan komoditas pertanian penting yang digunakan dalam pembuatan berbagai olahan makanan seperti buah kering, selai, jus, sorbet  atau dimakan sebagai buah segar.

2.         Alpukat
Description: alpukat
Alpukat mengandung glutathione. Kandungan glutathione pada 100 gram daging buah alpukat sebesar 21 mg. Merupakan buah yang memiliki kandungan glutathione tertinggi dari semua jenis buah yang umum dikonsumsi manusia.Glutathione memiliki efek ganda, yakni sebagai antioksidan sekaligus sebagai antikanker. Setidaknya ada 30 jenis penyebab kanker dapat dinonaktifkan dampak buruknya oleh glutathione. Selain itu, glutathione juga merupakan penawar racun yang logam berat yang hebat. Darah yang memiliki kadar glutathione tinggi dapat menghindari kerusakan sel oleh timah.
Tak hanya mengandung glutathione, alpukat juga kaya vitamin, mineral, dan berbagai macam karotenoid yang dapat kita jadikan sebagai antioksidan eksogen berkualitas tinggi. Komponen antioksidan yang dimilikinya sangat lengkap.

Senyawa antioksidan pada alpukat:
·            Karotenoid: alfa-karoten, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin,violaxanthin, neoxanthin, chrysantemasantin, neochrom, violaxanthin, dan lutein.
·            Flavonoid: epicathecin dan epigallocathechin 3-0 gallate.
·            Asam lemak esensial: omega-3 ALA.
·            Fitosterol: beta-sitosterol, stigmasterol, campesterol.
·            Mineral: mangan, seng, selenium
Kombinasi berbagai antioksidan tersebut membuat kapasitas antioksidan yang dimilikinya tinggi. Nilai ORAC dari buah alpukat sebesar 782.
Sebagai antioksidan, efek perlindungan antioksidan avokad sangat menyeluruh. Glutahione melindungi sel dari serangan radikal bebas yang alarut dalam air, sedangkan vitamin E, karotenoid, flavonoid, dan omega-3 melindungi terhadap radikal bebas yang larut dalam lemak. Karena itu, efek perlindungan yang diberikannya menjadi sempurna. dengan mengonsumsi avokad, maka sitoplasma dan sel kita terlindungi dari paparan radikal bebas.
Kinerja antioksidan avokad sangat didukung oleh lemak esensial – omega-3 ALA. Keberadaan lemak sehat ini bukan saja bermanfaat sebagai antioksidan, namun jaga membantu meningkatkan kapasitas antioksidan lain agar lebih dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Berbagai macam karoteniod avokad hanya dapat dimanfaatkan tubuh jika ada senyawa pengangkut yang mengedarkan ke seluruh tubuh, yakni lemak esensial. Itulah yang menjadi alasan mengapa bioaktif yang terdapat pada avokad dapat dimanfaatkan tubuh dengan baik.

ü  Vitamin E dan vitamin A
ü  Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.
ü  Potasium atau Kalium
ü  Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.
ü  Lemak tak jenuh
ü  Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
ü  Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.
ü  Vitamin B6
ü  Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
ü  Zat Besi dan Tembaga
ü  Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
ü  Mineral Mangaan dan Seng
            Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.


ManfaatAlpukatbagitubuh

·         Manfaat buah alpukat Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Kandungan gizi super yang ada pada alpukat dapat memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan janinnya. Vitamin A, C, E, K dan B6 merupakan gizi penting bagi ibu hamil supaya sehat dan tetap beraktifitas secara normal. Dan yang terpenting adalah folat, karena menurut dokter kandungan bahwa zat ini akan menambah kecerdasan otak janin. Folat juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh janin dari berbagai penyakit.
·         Manfaat buah alpukat untuk Diet
Bila Anda sekarang sedang diet, maka segera beralihlah ke alpukat karena Anda bisa berdiet sehat dengannya. Memakan buah ini dapat memberikan gizi super bagi Anda dan Anda bisa menyerap nutrisi sebanyak 300% per hari. Kenapa bisa sampai 300%? Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan buah ini sangat banyak dan bila Anda beralih dari makan nasi ke makan buah ini berarti Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi.
·         Manfaat buah alpukat untuk kecantikan dan Kesehatan Kulit
Vitamin E yang banyak dalam buah ini akan membuat kulit Anda sehat. Para ahli sepakat bahwa vitamin E dan antidioksidan yang ada dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesegaran kulit Anda. Dengan vitamin E, juga Anda bisa terhindar dari penuaan dini.
Harga alpukat yang murah tentunya akan membuat kantong Anda tidak terkuras dalam menjaga kulit karena kita ketahui bahwa kosmetik untuk kesehatan kulit dan penuaan dini bisa menghabiskan jutaan rupiah untuk setiap bulannya.
·          Manfaat buah alpukat untuk Jantung
Buah yang kaya akan folat ini dapat mengurangi serangan penyakit jantung. Menurut penelitian terbaru, kandungan vitamin yang ada di buah ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda yang menjaga kesehatan jantung untuk beralih menu kepada makanan dan minuman yang terbuat dari buah buaya ini.
·         Manfaat buah alpukat untuk Menjaga Kebugaran Tubuh
Kandungan antioksidan yang ada di buah ini ternyata sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan polusi udara. Bila Anda hidup di kota besar seperti Jakarta, mengonsumsi buah ini sebanyak satu buah setiap harinya berguna untuk menjaga tubuh Anda dari efek negatif yang disebabkan oleh racun polusi udara.
Selain itu, antioksidan dapat menjaga Anda dari serangan penyakit rheumatoid dan osteo-arthritis. Belum lagi vitamin C dan E pastinya akan membuat tubuh semakin imun terhadap penyakit ringan, seperti pegal-pegal, sariawan, radang tenggorokan, dan flu
.
·         Manfaat buah alpukat untuk Memperbaiki Penglihatan
Kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada pada buah alpukat sangat baik untuk mata Anda. Menurut para ahli mata, lutein dan zeaxanthin ternyata dapat menjaga mata dari degradasi penglihatan karena bertambahnya umur.
Karotenoid lutein juga dapat menjaga mata Anda dari penyakit mata seperti katarak. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka Anda tidak akan memakai kacamata plus pada masa tua Anda atau sekitar 50 tahun ke atas.
·         Manfaat buah alpukat untuk Menghidari Penyakit Kanker
Ada sumber yang menyebutkan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia sangat besar, yaitu menempati peringkat 3 dunia. Jenis kanker yang kebanyakan diderita adalah kanker payudara. Nah, kandungan antioksidan pada buah ini bisa membuat hati Anda tenang karena resiko serangan kanker tersebut setidaknya dapat dikurangi bila Anda memakan buah ini secara rutin.
·          Manfaat buah alpukat untuk. Menjaga Tekanan Darah
Tingginya potasium pada buah ini dapat menstabilkan tekanan darah Anda. Ini berarti Anda tidak usah khawatir akan serangan darah tinggi. Serangan darah tinggi menurut dokter adalah salah satu penyebab dari penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh mati suri/tidak dapat bergerak separuh tubuh. Dengan potasiumnya yang tinggi maka serangan penyakit sirkulasi darah lainnya juga dapat diminimalisir.
·         Manfaat buah alpukat bagi Pencernaan
Kandungan enzim alpukat dapat memperbaiki kesehatan pencernaan Anda, terutama dalam hal penyerapan nutrisi makanan. Anda tentunya tidak ingin makanan yang dimakan setiap harinya lepas dan tidak terserap nutrisinya. Itu berarti separuh makanan yang bergizi yang dimakan menjadi sampah di tubuh. Maka, segera konsumsi buah enak ini agar hal itu tidak menjadi momok bagi Anda.
·         Manfaat buah alpukat untuk penyakit anemia
Sekali lagi perlu diingat bahwa alpukat bukanlah penambah lemak yang merupakan monster bagi perempuan yang sedang diet. Diet yang Anda lakukan akan semakin sehat dengan mengkonsumsi buah ini. Bahkan, vitamin B6 yang banyak dikandung buah dapat menjaga kesehatan Anda dari serangan anemia.
Anemia adalah salah satu penyakit yang sering diderita wanita karena salah pola makan dan kurang olahraga. Rutinlah memakan buah ini agar resiko serangan anemia menjadi sangat kecil.
·         Avokad dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Asam oleat dari avokad bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar lemak dalam darah. Konsumsi MUFA khususnya asam oleat dapat membantu menurunkan kadar kolesteol dan trigliserida (TG) dalam darah. Efektivitas tersebut merupakan hasil kerja dari fitosterol.Avokad merupakan sumber beta-sterol unggul, di mana setiap 100 gram daging buah terdapat 76 mg beta-sitosterol. Jumlah tersebut tidak terlalu tinggi jika dibanding kacang-kacangan, namun jauh lebih tinggi dibanding pisang, apel, jeruk, dan sayur-sayuran. Efektivitas penurunan kolesterol oleh avokad tidak lepas dari peran biologisnya dari omega-3 ALA.Konsumsi avokad secara rutin dapat menurunkan resiko PJK. Bukan hanya karena efeknya sebagai penurunan kadar kolesterol darah, namun karena kemampuannya dalam menurunkan kadar homosistein. Penurunan kadar homosistein dilakukan oleh vitamin B6 dan folat yang banyak terdapat pada avokad. Selain itu, bioaktif antioksidan yang dimilikinya mampu mencegah peradangan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

·         Bantu atasi diabetes
Konsumsi avokad secara rutin sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Kinerja avokad dalam mengontrol kadar gula darah terjadi melalui beberapa mekanisme yang sanggup dilakukan oleh bioaktif yang dimilikinya.Dalam kadar tertentu, MUFA yang dimilikinya dapat membantu mengefektifkan kinerja insulin dalam memproses gula menjadi energi. efek anti peradangan yang dimiliki dapat mengatasi resistensi sel terhadap insulin dan gula sehingga gula yang ada dalam darah dapat diproses menjadi energi metabolisme.
·         Senyawa antikanker ada pada alpukat
Sejumlah karotenoid alpukat efektif untuk memutus rantai yang mendorong pembentukan radikal peroksida dan superoksida yang berpotensi mengacau DNA. Kekacauan DNA merupakan permulaan buruk yang memicu terbentuknya tumor dan kanker.Kemampuan alpukat dalam mencegah kanker terkait dengan kemampuannya sebagai antioksidan sekaligus antikanker. Dalam hal ini, seluruh bioaktif yang dimiliki alpukat akan bekerja sama menyingkirkan radikal bebas yang berpotensi mengawali kanker.
Bagi sel sehat, alpukat bekerja mencegah stres oksidatif dan inflamasi yang berpotensi sebagai pemicu awal berbagai jenis kanker. Di sisi lain, alpukat juga mampu mendorong inflamasi pada sel kanker sehingga sel yang telah bermutasi tersebut dapat dimusnahkan melalui mekanisme apoptosis (pemusnahan). Dalam studinya, Ding dan Guo (2009) menyebutkan bahwa alpukat mampu mendorong apoptosis sel kanker mulut melalui aktivitas oksigen reaktif pada sel yang telah cacat. Kesimpulan serupa juga dikemukakan oleh Donnarumma, dkk., (2010) yang mengatakan bahwa gula alami yang terdapat pada alpukat dapat menginduksi inflamasi sel kanker yang merupakan proses awal menuju proses apoptosis.Sejauh ini para ahli berhasil membuktikan bahwa alpukat sanggup mencegah kanker kulit, mulut, dan kelenjar prostat. Lu, dkk., (2005) mengatakan bahwa efektivitas alpukat dalam menghambat perkembangan kanker prostat terkait dengan bioaktif larut dalam lemak yang dimilikinya. Seperti kita ketahui, alpukat kaya omega-3 ALA, omega-9 linoleat, dan sejumlah karotenoid yang larut dalam lemak. Secara keseluruhan, bioaktif-bioaktif tersebut mencegah perkembangan kanker prostat agar tidak berkembang ke arah yang lebih buruk.Penelitian lain menyatakan bahwa khasiat antikanker dari alpukat sangat dipengaruhi oleh tingginya kandungan folat dari buah alpukat. Asam folat merupakan determinan penting dari total homosistein yang diproduksi tubuh. Peningkatan kadar homosistein memicu aktivitas karsinogenesis karena berkurangnya DNA di jaringan penting saat terjadi peningkatan S-Adenosishomosistein. Proses inilah yang mendorong terjadinya inisiasi kanker. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kecukupan folat dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar.
bermanfaat sebagai tabir surya. Fitokimia ini merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan sangat baik untuk mencegah oksidasi molekul radial dari sinar UV yang berasal dari matahari.



·         Lawan arthritis dengan alpukat
Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang perlu dicurigai sebagai penyebab arthritis. Penyakit autoimun ini terkait kuat dengan paparan radikal bebas yang mendorong terjadinya inflamasL Mencegah dan menyembuhkan inflamasi merupakan
.
·         Alpukat bisa juga mengatasi HIV
HIV adalah virus yang menurunkan imunitas tubuh dan menjadi faktor penyebab AIDS. Selain karena infeksi virus, penyakit ini dapat semakin parah jika penderitanya terpapar oleh radikal bebas yang tidak dapat diatasi oleh tubuh. Untuk itu, peningkatan kapasitas antioksidan sangat penting untuk diperhatikan.
Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Cornell Amerika Serikat menyebutkan bahwa bioaktif yang terdapat pada alpukat dapat menekan infeksi HIV. Mekanisme mana yang bekerja belum terungkap jelas, namun ahli yang melakukan riset tersebut nieyakini bahwa peningkatan imunitas tubuh oleh bioaktif alpukatlah yang mendorong tubuh kuat menghadapi infeksi HIV.

Description: manfaat-buah-naga.jpg3. Buah Naga









          Saat ini buah naga telah dikenal ke seluruh dunia karena kandungan buah naga yang sangat baik bagi kesehatan. Buah naga memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas. Buah naga memiliki rasa sedikit manis, dan buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Selain vitamin C, buah naga ini  ternyata juga memiliki kandungan Vitamin B1 dan Vitamin B2 yang mampu meningkatkan metabolism serta nafsu makan. Buah naga juga mengandung berbagai mineral penting seperti potasium, serat, protein, ferum, sodium dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, Pals.
 Buah naga memiliki kandungan oksidanyang baik untuk tubuh,sebab,buah berkulit merah tersebut mengandung vitamin A dan vitamin C yang dipercaya mampu untuk menghambat penuaan dini." vitamin A dan C tersebut  bersift sebagai antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas dan menghambat paparan polusi udara
   
      Selain itu kandungan anti oksidan lain yang terdapat pada buah naga adalah fitoalbumin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, serta kandungan likopen yang dapat mencegah terjadinya kanker prostat, " warna merah pada buah naga karena ada likopen"

        buah naga juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat meningkatkan nafsu makan bagi yang mengonsumsinya. sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi seorang yang dalam tahap pemulihan pascasakit, buah naga juga mengandung vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi,.

    Buah yang berasal dari amerika tengah ini juga mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan otot, bagi orang dewasa, tentu kandungan fosfor dan kalsium tersebut dapat mencegah terjadinya osteoporosis, selain itu, ternyata biji dari buah naga juga memiliki kandungan baik bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tidak jenuh,

   bijinya yang berwara hitam dan berukuran kecil tersebut mengandung asam lemak asam lemak tidak jenuh atau asam lemak esensial, omega3 dan omega6 yang dapat menurunkan resikogangguan radiovaskuler dalam tubuh".  kandungan serat yang banyak pada buah naga, ternyata baik untuk kesehatan  saluran cernah dan mencegah konstipasi.

Manfaatbuah Naga
Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah naga yang dapat kita rasakan ketika kita mengkonsumsi buah tersebut:
1. Mencegah Penuaan Dini
Buah naga memiliki Antiksidan yang tinggi, hampir sama dengan manfaat buah manggis yang pernah kami share sebelumya, juga hampir setara dengan kandungan antioksidan milik buah apel yang selama ini juga terkenal memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi ini memungkinkan dapat mencegah penuaan dini dan juga berguna bagi kesehatan tubuh yang lain nya.
2. Mencegah dan Mengobati Kanker
Selain berguna untuk menangkal penuaan dini, antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker. Antioksidan dalam buah naga bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang. Buah ini pun dapat dikonsumsi oleh semua orang dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan.
3. Menambah Daya Tahan Tubuh
Buah naga bermanfaat untuk menambah daya tahan atau kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C ydalam jumlah yang cukup besar. Dengan sering mengkonsumsi buah ini, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang tubuh kita karena keadaan tubuh yang kurang kuat. Misal nya flu, demam, infeksi dan lain sebagainya.
4. Menambah Nafsu Makan
Kandungan Vitamin dalam segelas jus Buah naga ternyata sangat kompleks, selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah iini juga membawa kandungan vitamin B1 dan B2 yang mampu mrangsang selera makan kita. jika anda mengalami masalah pada nafsu makan, alangkah baiknya jika mencoba mengkonsumsi buah naga ini.
5. Menjaga dan Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah
Buah naga banyak mengandung Vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi dengan teratur. Kita tahu bahwa kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit yang membahayakkan tubuh kita seperti jantung dan ginjal.
6. Menguatkan Tulang & Gigi
Mengkonsumsi buah naga diperbolehkan untuk berbagai usia anda, justru malah sangat baik jika dikonsumsi sejak dini karena dalam buah naga terkandung Fosfor dan kalsium yang tinggi yang mampu menguatkan Tulang dan gigi Anda.
7. Menghalau Penyakit Diabetes
Penyakit ini dikarenakan karena seringnya mengkonsumsi makanan tak sehat, tentu saja selain faktor turunan. penyakit ini juga merupakan pembunuh yang besar di dunia ini selain penyakit jantung. Penyakit diabetes yang sudah parah sangat mengerikan bahkan ketika mengalami pendarahan kecil pun bisa berakibat fatal. Nah, buah naga ini memiliki Zat yang mampu menyetabilkan gula dalam darah yang memungkinkan dapat menghalai penyakit diabetes tersebut. Tidak ada salah nya jika kita menghambat nya dengan mengkonsumsi makanan sehat.
8. Menyehatkan Mata
Jika berbicara mengenai manfaat buah naga memang rasa nya tidak ada habis nya. Banyak sekali gizi, vitamin dan zat yang bermanfaat terkandung dalam buah yang satu ini. Selain semua manfaat yang telah dijabarkan diatas, buah naga bermanfaat juga untuk menyehatkan Mata karena memiliki kandungan Vitamin A yang juga tinggi. Kita tahu bahwa vitamin A mampu menjaga kesehatan mata.
9. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain olahraga teratur konsumsi makanan sehat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Jika Anda bingung menentukan buah apa yang sehat untuk jantung, sebaiknya pilih Buah Naga untuk jadi sala satu menu makanan sehat Anda mulai sekarang. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 didalam Buah yang dijuluki Dragon Fruit ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.
10. Mempercantik Kulit Anda
Ampas dari jus minuman yang ada  pada minuman jus buah naga ternyata bermanfaat juga untuk mempercantik kulit anda, bahkan dapat anda gunakan sebagai obat tradisional mengobati jerawat. Cara nya dalah dengan mengoes-oleskan air buah naga ini ke daerah kulit yang ditumbuhi jerawat.
Mengandung Antioksidan
4. Buah Kiwi
Description: manfaat buah kiwi
            Buah kiwi (Actinidiachinensis), buahinijugadisebut Chinese gooseberry, sejenisberidariCina.Berbentukbulatlonjong, berwanacokelatdenganbulu-buluhaluspadakulitbuahnya.Dagingbuahnyaberwarnahijauterangdenganbiji-bijihitamkecil, lezatdimakansegarsebagaibuahmeja, asaldikupasdahuluataudisendoklangsungdaribuahnya.
            Sepertiumumnyabuah-buahan, kandunganterbanyakdalam kiwi adalah air yaitusekitar 83% dariberatnya.Kandunganlainnya yang jugabanyakadalahkarbohidrat (15 gr), protein (1 gr), lemak (0,4 gr), serat (3,4 gr) dankalori (61 kkal), untuksetiap 100 gram kiwi.
           
a. KandunganGiziBuah Kiwi
            Buah yang berbuahsepanjangtahuninikandungan vitamin C nyadua kali lipatlebihbanyakdaribuahjeruk.Jugamengandung vitamin A, B1, B2, potasium, niasin dan asamfolat dalamjumlahbesar.Selainitu, buah kiwi kaya dengan klorofil danmempunyaisumberantioksidan yang terbaik.IajugatidakmengandungilemakdankolesterolKhasiatlainnyabagikesehatan, adalah :
1.  Buah kiwi mengandung actinidin, enzimalami yang dapatmengatasisembelit Asamaskobin-nyamelindungitubuhdaridemamdannyeripersendian.
2.  Dagingbuahnya yang berwarnahijaumengandung magnesium yang bersamadengan vitamin C membuathatibekerjalebihmaksimal.
3. Amino arginine-nyamembantuperedarandarahdanmampumengatasimasalahimpotensi.
4.  Kandunganzat lutein-nyadidugadapatmencegahkanker prostate.
5. Buah kiwimengandungserat yang tinggisehinggasangatcocokbagimereka yang sedangmenjalankan program diet.
6. Kandungan mineral esensisaldalam kiwi jugasangatbanyak. Sepertikalium, kalsium, magnesium, seng, tembaga, mangandanfosfor.Mineral kaliumdalam kiwi bisamencapai 5.4 mg/kalori.Kaliumberfungsimenjagafungsigerakrefleksistemsarafdanmenjagafungsiotot.Mineral inijugaberperansebagaipenuruntekanandarahtinggi.
7. Mineral magnesium dalam kiwi mampumencegahseranganjantungdanhipertensi.


b. ManfaatBuah Kiwi BagiKesehatan

            Sekitartahun 2010 di lakukansebuahpenelitianterhadapbuahini.danhasilnyamenunjukkanbahwa, buah kiwi mampumembantutubuhdalammencerna protein darimakanan yang kitamakanseharihari. Inibisa di lakukanolehbuah kiwi karenakomponendaribuah kiwi adalahenzimproteolitikdisebutdenganactinidin.FungsiEnziminiadalahmemecah protein menjadiasam amino.
            Zat antioksidanantara lain pada kiwi adalah vitamin C dan E. Keduanya berada dalam kadar yang cukup tinggi. Sebagai antioksidan, kedua vitamin itu bisa melawan proses oksidasi. Karoten dan lutein juga bersifat antioksidan. proses oksidasi menyebabkan kerusakan sel DNA yang dapat memicu kanker. Proses oksidasi ini misalnya polusi, asap rokok, dan metabolisme tubuh. "Akibat oksidasi di antaranya penuaan, penyakit jantung, dan kanker. Antioksidan juga dapat membuat antialergi, antiperadangan dan juga melawan bakteri: Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan. Zat dalam buah kiwi bisa mempercepat perbaikan kerusakan DNA. Kandungan serat bisa menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kadar gula darah, dan kadar lemak dalam darah. Mengkonsumsi buah kiwi bisa menurunkan risiko pembekuan darah dan mengurangi kadar lemak dalam darah. "Sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
Vitamin Lengkap
            Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi mengandung vitamin C 17 kali lebih banyak dibandingkan buah apel, dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk, dan juga lebih banyak dibandingkan lemon.Kandungan vitamin E pada kiwi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan alpukat. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin B1, B2, B6, asam folat, niasin, vitamin A, dan asam pantotenat dalam jumlah yang cukup berarti.
            Vitamin C dan vitamin E telah diketahui peranannya sebagai antioksidan alami yang berperan penting untuk menangkal serangan radikal bebas, penyebab penuaan sel dan pemicu timbulnya berbagai penyakit. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga bebas berikatan dengan berbagai sel dan jaringan, serta menjadi pemicu kanker, sakit jantung, dan proses penuaan dini.
Vitamin C membantu mempertahankan kondisi tubuh terhadap flu dan selesma (meningkatkan sistem kekebalan tubuh), mengurangi tingkat stres dan membantu proses penyembuhan. Vitamin ini juga berperanan penting dalam memelihara kesehatan sel-sel kulit sehingga tetap tampak bersih, berseri dan sehat.
Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga berperan menjaga kesehatan sel-sel tubuh, memperlambat efek penuaan dan memelihara sel-sel kulit agar tetap muda, meningkatkan kesuburan, serta mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
Selain vitamin C dan E, jenis antioksidan lain yang ada dalam kiwi adalah senyawa fitokimia tertentu, seperti karoten, lutein, xanthophyll, flavonoid, dan lain-lain. Kapasitas antioksidan kiwi terhadap senyawa radikal bebas menempati posisi ketiga tertinggi setelah orange dan anggur merah.
1) MeningkatkanFungsiususBagiPenderita IBS
            Sindromusus yang lebih di kenalsecaraumumdengansingkatan IBS, adalahgangguanumum yang terjadi di daerahsistempencernaan.Gejalaawalnyapernyakitiniditandaidengannyeripada perut, terjadisembelit, dansakitdiare.Dari faktasetelah di lakukanyapenelitianterhadap 40 orang yang mengkonsumsibuah kiwi, ternyatamerekamemilikifrekuensibuang air besarlebihseringdanmeningkat.
2) MembantuMeredakanSembelit
            Buah kiwi mengandungprebiotik yang memilikifungsipemberimakanbakteribaik yang ada di dalamusus.Tentuinisangatmenguntungkankarenadenganbanyaknyabakteribaik di dalamtubuh, membantumengurangikitaterkenaresikosuatupenyakit.Dan denganbanyaknyabakteribaik di dalamperutjugamengecilkankemungkinankitasakitperut.

3) MencegahImpotensidanSeranganJantung
            Berdasarkahhasilpenelitianilmiah, buahimporiniterbuktiberkhasiatuntukkesehatan.Sepertipenelitian yang dilakukanoleh Dr. Paul La Chence yang dipublikasikanoleh Journal of the American College of Nutrition.Hasilpenelitianyamenujukanbahwa kiwi merupakanbuah yang kepadatannutrisinya paling tinggidibandingkanbuah-buahan lain. Inimenunjukanbahwa kiwi mengandungkepadatannutrisiterbaikdibandingkanbuahlainnya.

4) PencegahPenyakitKanker
            Oksidasi menyebabkan kerusakan sel. Efeknya bisa berupa penuaan dini, penyakit kardiovaskuler dan kanker.Konsumsi buah kiwi secara teratur dapat berfungsi sebagai elemen pembantu penyembuhan penyakit kanker. Antioksidannya melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Secara tidak langsung kiwi dalam dosis tinggi dapat menyembuhkan penyakit kanker sehingga bisa digunakan untuk melengkapi metode-metode pengobatan kanker lainnya seperti kemoterapi dan radioterapi.

5) MemperbaikiPenglihatan
            Kiwi mengandung karote-noid. Zat tersebut biasa terdapat pada buah berwarna merah atau kuning. Karo-tenoid berperan pada proses degenerasi sel di mata akibat oksidasi. Karotenoid pada kiwi akan menghasilkan lutein yang bersifat menghambat oksidasi sel mata.







5. Jambu biji sebagai anti oksidan


Description: jambu biji
          Jambu biji merupakan buah berkualitas tinggi dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang lebih unggul dibanding buah-buahan lainnya yang ada di pasaran. kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih tinggi dibanding jeruk yang selama ini kita kenal sebagai sumber vitamin C unggul. Jambu biji yang masih mengkal mengandung vitamin C delapan kali lebih banyak dibanding jeruk lemon. Jambu biji yang telah matang mengandung 95 mg/100 g vitamin C, sedangkan jeruk manis hanya mengandung vitamin C sebanyak 49 mg/100 g. Semakin matang, maka kandungan vitamin C-nya semakin meningkat.
Vitamin C terkenal sebagai vitamin antisariawan, namun vitamin larut dalam air ini memiliki fungsi yang sangat luas, khususnya menyangkut imunitas tubuh. Di antara perannya dalam menjaga imunitas tubuh, vitamin C memiliki aktivitas biologik yang sangat baik sebagai antioksidan.
Aktivitas antioksidan vitamin C tidak sendirian, melainkan dibantu oleh karotenoid yang banyak terdapat pada jambu biji. Jambu biji mengandung 19 jenis karotenoid. Karotenoid yang dominan adalah beta-karoten, lutein, zeaxanthin, cyptoxanthin, dan likopen. Beta-karoten dan beberapa karotenoid lainnya merupakan pro-vitamin A di mana nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk berbagai aktivitas biologis termasuk sebagai antioksidan.
Kerja sama sinergis antara vitamin A dan vitamin C serta berbagai macam karotenoid tersebut semakin meningkat dengan adanya peran serta flavonoid dari jambu biji. Flavonoid tersebut adalah quercetin, kaemferol, dan pelargonidin. Semakin lengkap kandungan zat-zat yang berkhasiat sebagai antioksidan tersebut, maka efek perlindungan yang diberikannya pun semakin berkualitas.
Sejauh ini belum ada penelitian yang mendalam mengenai khasiat jambu biji untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas, namun sudah dipastikan antioksidan dari jambu biji sangat bermanfaat untuk mencegah bahkan menyembuhkan penyakit-penyakit akibat radikal bebas. Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah. 
Kandungan lain di dalam jambu biji yakni antioksidan untuk melawan kanker, dan likopen, merupakan zat non gizi selain serat. Likopen berfungsi sebagai karatenoid atau pigmen penting yang ada di dalam tanaman dan terdapat pada darah sekitar 0,5 mol/liter darah, serta mempunyai aktivitas sebagai antioksidan. Kandungan likopen yang ada dalam jambu biji sangat mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan likopen dari tomat yang mempunyai perbedaan struktur dalam selnya. Bila Anda mengkonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup akan berpengaruh pada pria terhadap penurunan risiko kanker prostat. Konsumsi jambu biji dengan daging merah mampu memberikan efek perlindungan tubuh terhadap beberapa jenis kanker.
Khasiat Jambu Biji untuk Kesehatan
            untuk menurunkan hipertensi. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin bisa menghindari penyakit jantung. Jambu biji ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium bisa dipenuhi oleh jambu biji dengan ukuran sedang.
            Manfaat jambu biji yang lain yakni anti radang, anti diare, dan menghentikan terjadinya pendarahan contohnya pada pasien DBD.
            Daun jambu bijimengandung zat anti bakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada saat terkena disentri. Zat lain yang ada pada jambu biji yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri antara lain karetinoid, vitamin C dan potasium.

            Daun jambu biji yang masih mentah banyak dimanfaatkan untuk obat flu dan batuk. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir dan membuat saluran pernafasan terbebes dari infeksi. Kandungan vitamin C n zat besi pada buah ini sangat efektif untuk meningkatkan day tahan sehingga menghambat infeksi karena virus flu
            Khasiat lain dari jambu biji adalah untuk merawat kulit. Astringent dalam jambu biji akan meningkatkan tektur kulit yang mulai mengendur. Kandungan vitamin A, C dan potassium mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat.

            Kandungan serat pada jambu biji yang sangat efektif untuk mencegah sembelit. Kandungan laksatif pada bijinya  yang tergerus saat di blender berfungsi untuk membantu membersihkan proses pembuangan pada usus. Serat yang ada oada jambu biji ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar