Rabu, 16 Oktober 2013

INDUSTRI PANGAN PT. GARUDA FOOD


TUGAS TERSTRUKTUR
MANAJEMEN INDUSTRI PANGAN
“INDUSTRI PANGAN PT. GARUDA FOOD”






Oleh  :
RisqiyatulJannah
A1M012016


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN
PURWOKERTO
2013
A.    PROFIL
GarudaFood Group adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung Group. Selain GarudaFood, Tudung Group juga menaungi perusahaan agribisnis yang bergerak di CPO (Crude Palm Oil) dan kacang.
GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, 1979. Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.
Pada awal 1987 GarudaFood mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang kini dikenal dengan: Kacang Garuda. Kacang Garuda telah meraih berbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007-2012).
Tatkala perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, pada Desember 1997 didirikan PT GarudaFood Jaya (GFJ) cikal bakal divisi biskuit yang memproduksi biskuit bermerek Gery. Saat ini GarudaFood memimpin pasar di kategori wafer stick dengan mereknya yang fenomenal, Chocolatos. Periode 2005- 2010 Gery Saluut meraih Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan majalah SWA untuk kategori wafer salut. Pada 2007-2010 Gery Chocolatos meraih IBBA kategori wafer stick.
Pada 1998 GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy. Prestasi Okky Jelly dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand for Kids (TBK) Award 2004 untuk kategori jelly. Di samping TBK, OKKY Jelly juga berhasil meraih IBBA (2004-2007). Okky Jelly Drink juga meraih penghargaan Top Brand 2007 dari majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.
Di akhir 2002 GarudaFood Group meluncurkan produk minuman jelly bermerek Okky Jelly Drink yang merupakan pioneer di kelasnya, ini sekaligus merupakan babak baru GarudaFood memasuki bisnis minuman (beverage). Keseriusan GarudaFood menekuni bisnis minuman juga semakin kentara dengan diluncurkannya Mountea, minuman berbasis teh dengan rasa buah. Mountea bahkan mencatat prestasi IBBA 2007-2010 kategori minuman teh dalam kemasan cup.
Melihat pangsa pasar snack yang masih sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia, pada 2005 GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong, dan kerupuk mulai akhir 2005. Pada 2007-2010 Leo meraih IBBA kategori snack kentang.
GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong, dan kerupuk mulai akhir 2005. Pada 2007 Leo meraih IBBA kategori snack kentang.
Di tingkat nasional, GarudaFood juga dipersepsi positif sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman idaman di mata stakeholders. Survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 hingga 2010 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga sebagai Indonesian Most Admired Company (IMAC). Sebagai perusahaan yang mengemban misi untuk membawa perubahan yang mencpitakan kemanfaatan bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan, GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.
Untuk mempercepat pencapaian visinya, pada 2011 GarudaFood Group bekerjasama dengan perusahaan dari Jepang Suntory Beverage and Food divisi non-alcohol mendirikan anak perusahaan PT Suntory Garuda Beverage yang fokus pada pengembangan industri minuman.
Kini, seluruh potensi yang ditopang kekuatan sekitar 20 ribu karyawan berkepribadian unggul ( noble people) menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya menyongsong sukses sebagai sebuah sustainable enterprise.



B.     VISI MISI
Misi
Kami adalah perusahaan pembawa perubahan yang menciptakan kemanfaatan bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan.
 Visi
Perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia

C.     FILOSOFI
Human Values
                      Menghayati dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang meliputi: Truth, Right Conduct, Love, Non Violence, and Peace.
                      Tidak melanggar hal-hal yang dilarang agama.
                      Ketulusan dan keharmonisan dalam berfikir, berkata-kata, dan bertindak.
Business Ethics
                      Menggunakan norma-norma etika yang berlaku di dalam masyarakat dalam berinteraksi dan mengelola lingkungan bisnis sehingga tercapai "sustainable mutual benefit".
                      Peduli juga terhadap berbagai permasalahan yang muncul dalam kiprah bisnis Garudafood walaupun secara formal bukan menjadi bagian dari tanggung jawabnya.

Unity Through Harmony
                      Menjaga keharmonisan dan keutuhan dengan lingkungan bisnisnya secara internal (karyawan dan shareholder).
                      Menjaga keseimbangan dan keserasian antara aspek bisnis dengan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Speed and Leading Change
                      Menjaga dan meningkatkan kecepatan dalam cara berpikir dan bertindak.
                      Melembagakan perubahan secara cepat dan berkesinambungan yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dengan bertumpu pada kekuatan teknologi.

Working Smart in Learning Culture
                      Rajin, keras hati, dan bersungguh-sungguh serta konsisten dalam pekerjaan yang digeluti.
                      Menekankan pada proses bekerja yang cepat, sistematis, dan akurat.
                      Senantiasa meningkatkan cara dan mutu kerja melalui pengembangan diri di dalam budaya belajar yang terus dibangun oleh dan bersama perusahaan


D.    DISTRIBUSI
Produk-produk GarudaFood didistribusikan oleh PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS) yang merupakan Divisi Distribusi dari holding company. Didirikan 1994, peran SNS sangat menentukan bagi perkembangan GarudaFood. Karena perannya, berbagai macam produk GarudaFood bisa diperoleh konsumen di wilayah-wilayah pelosok seluruh Indonesia.
SNS telah memiliki sejumlah depo yang melayani ratusan ribu outlet pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, untuk lebih memperluas jaringan, SNS juga bermitra dengan subdistributor besar yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Dengan kekuatan jaringan serta armada distribusi yang sangat memadai, sejak 1994 SNS telah menjadi salah satu perusahaan distributor FMCG terbaik untuk kategori makanan dan minuman.





Asia
                  Malaysia
                  Thailand
                  Philippines
                  Brunei Darussalam
                  Vietnam
                  Hong Kong
                  Singapore
                  Taiwan
                  South Korea
                  Timor Leste
                  China
                  Korea
                  Pakistan

AustraliaEurope
                  Netherlands
                  Germany

Middle East
                  Jordan
                  Yemen
                  Saudi Arabia
                  United Arab Emirates

Africa
                  Nigeria
                  South Africa
North America
                  USA & Mexico
                  Canada

Pacific Ocean
                  Samoa, America


E.     STRUKTUR PERUSAHAAN
1.      StrukturTudung Group
Tudung Group merupakan holding company Garuda Food Group, memilkiempat line of Bussines (LOB) :
a.       LOB FOOD (Garuda Food)
Fokuspadaproduksidanpemasaranproduk snack, biscuit, confectioneries, basic food dan dairy.
b.      LOB BEVERAGE (Suntory Garuda Beverage)
Fokuspadaproduksidanpemasaranminumanberbasis of non-alcoholoic beverages.
                                                                                                                                        
c.       LiOB DISTRIBUTION (SinarNiaga Sejahtera)
Mendistribusikanmakanandanminuman Garuda Food Group keseluruhwilayah di Indonesia.
d.      LOB AGRIBUSINESS
Terdiridaribeberapaperusahaan, diantaranya : PT BumiMekarTani (Peanut Plantation), PT Garuda Bumi Perkasa (CPO Mill), PT Hanusentra Agro Lestari (CPO Plantation).

2.      Corporate Structure Tudung Group
3.      StrukturManajer

F.      GAJI KARYAWAN
Salah satucontohgajikaryawanIndustripangan PT. Garuda Food sebesar 1.489.000 per bulanuntukseorang driver dankenek, daninisudahmencukupi UMR di Indonesia. Belumlagijabatan yang lebihtinggi.Dapatditarikkesimpulan, gajikaryawanPT. Garuda Food sudahmencukupinilai UMR Indonesia.

G.    PRESTASI
Kacang Garuda danOkky Jelly drinkraih Indonesia Customer Satisfication Award (ICSA) 2011
2011 – Top Brand Awzard Phase 2
2011 – Word of Mouth Marketing Award
2011 – Satria Award
2011 – Indonesia Best Brand Award
2011 – Top Brand for Kids
2011 – Top Brand Award
2010 – RekorBisnis
2010 – Top Brand Award
2010 – Top Brand for Kids




Tidak ada komentar:

Posting Komentar