TUGAS
TERSTRUKTUR
MANAJEMEN
INDUSTRI PANGAN
“INDUSTRI
PANGAN PT. GARUDA FOOD”

Oleh :
RisqiyatulJannah
A1M012016
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL
SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI
PERTANIAN
PROGRAM STUDI ILMU DAN
TEKNOLOGI PANGAN
PURWOKERTO
2013
A.
PROFIL
GarudaFood Group adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok
usaha Tudung Group. Selain GarudaFood, Tudung Group juga menaungi perusahaan
agribisnis yang bergerak di CPO (Crude Palm Oil) dan kacang.
GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah,
1979. Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang
memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.
Pada awal 1987 GarudaFood mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan
merk Kacang Garing Garuda, yang kini dikenal dengan: Kacang Garuda. Kacang
Garuda telah meraih berbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award
(ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007);
Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007-2012).
Tatkala perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, pada
Desember 1997 didirikan PT GarudaFood Jaya (GFJ) cikal bakal divisi biskuit
yang memproduksi biskuit bermerek Gery. Saat ini GarudaFood memimpin pasar di
kategori wafer stick
dengan mereknya yang fenomenal, Chocolatos. Periode 2005- 2010 Gery Saluut
meraih Indonesian Best Brand
Award (IBBA) dari MARS dan majalah SWA untuk kategori wafer salut.
Pada 2007-2010 Gery Chocolatos meraih IBBA kategori wafer stick.
Pada 1998 GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS),
produsen jelly dan meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy. Prestasi Okky
Jelly dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand for Kids (TBK) Award 2004
untuk kategori jelly. Di samping TBK, OKKY Jelly juga berhasil meraih IBBA
(2004-2007). Okky Jelly Drink juga meraih penghargaan Top Brand 2007 dari
majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.
Di akhir 2002 GarudaFood Group meluncurkan produk minuman jelly bermerek
Okky Jelly Drink yang merupakan pioneer
di kelasnya, ini sekaligus merupakan babak baru GarudaFood memasuki bisnis
minuman (beverage). Keseriusan GarudaFood menekuni bisnis minuman juga semakin
kentara dengan diluncurkannya Mountea, minuman berbasis teh dengan rasa buah.
Mountea bahkan mencatat prestasi IBBA 2007-2010 kategori minuman teh dalam
kemasan cup.
Melihat pangsa pasar snack yang masih sangat potensial untuk dikembangkan
di Indonesia, pada 2005 GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk
kategori produk keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong, dan kerupuk
mulai akhir 2005. Pada 2007-2010 Leo meraih IBBA kategori snack kentang.
GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk
keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong, dan kerupuk mulai akhir
2005. Pada 2007 Leo meraih IBBA kategori snack kentang.
Di tingkat nasional, GarudaFood juga dipersepsi positif sebagai salah
satu perusahaan makanan dan minuman idaman di mata stakeholders. Survey yang
dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya
pada 2006 hingga 2010 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga sebagai
Indonesian Most Admired Company (IMAC). Sebagai perusahaan yang mengemban misi
untuk membawa perubahan yang mencpitakan kemanfaatan bagi masyarakat
berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan, GarudaFood juga aktif
menjalankan program corporate
social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.
Untuk mempercepat pencapaian visinya, pada 2011 GarudaFood Group
bekerjasama dengan perusahaan dari Jepang Suntory Beverage and Food divisi non-alcohol mendirikan anak
perusahaan PT Suntory Garuda Beverage yang fokus pada pengembangan industri
minuman.
Kini, seluruh potensi yang ditopang kekuatan sekitar 20 ribu karyawan
berkepribadian unggul ( noble people) menjadi modal utama GarudaFood dalam
upaya menyongsong sukses sebagai sebuah sustainable enterprise.
B.
VISI MISI
Misi
Kami adalah
perusahaan pembawa perubahan yang menciptakan kemanfaatan bagi masyarakat
berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan.
Visi
Perusahaan
makanan dan minuman terdepan di Indonesia
C.
FILOSOFI
Human Values
•
Menghayati dan menerapkan nilai-nilai
kemanusiaan yang meliputi: Truth, Right Conduct, Love, Non Violence, and Peace.
•
Tidak melanggar hal-hal
yang dilarang agama.
•
Ketulusan dan keharmonisan
dalam berfikir, berkata-kata, dan bertindak.
Business Ethics
•
Menggunakan norma-norma
etika yang berlaku di dalam masyarakat dalam berinteraksi dan mengelola
lingkungan bisnis sehingga tercapai "sustainable mutual benefit".
•
Peduli juga terhadap
berbagai permasalahan yang muncul dalam kiprah bisnis Garudafood walaupun
secara formal bukan menjadi bagian dari tanggung jawabnya.
|
|
Unity Through Harmony
•
Menjaga keharmonisan dan
keutuhan dengan lingkungan bisnisnya secara internal (karyawan dan
shareholder).
•
Menjaga keseimbangan dan
keserasian antara aspek bisnis dengan aspek-aspek kehidupan lainnya.
|
|
Speed and Leading Change
•
Menjaga dan meningkatkan
kecepatan dalam cara berpikir dan bertindak.
•
Melembagakan perubahan
secara cepat dan berkesinambungan yang memberikan nilai tambah pada
perusahaan dengan bertumpu pada kekuatan teknologi.
|
|
Working Smart in Learning
Culture
•
Rajin, keras hati, dan
bersungguh-sungguh serta konsisten dalam pekerjaan yang digeluti.
•
Menekankan pada proses
bekerja yang cepat, sistematis, dan akurat.
•
Senantiasa meningkatkan
cara dan mutu kerja melalui pengembangan diri di dalam budaya belajar yang
terus dibangun oleh dan bersama perusahaan
|
|
D.
DISTRIBUSI
Produk-produk GarudaFood didistribusikan oleh PT Sinar
Niaga Sejahtera (SNS) yang merupakan Divisi Distribusi dari holding company.
Didirikan 1994, peran SNS sangat menentukan bagi perkembangan GarudaFood.
Karena perannya, berbagai macam produk GarudaFood bisa diperoleh konsumen di
wilayah-wilayah pelosok seluruh Indonesia.
SNS telah memiliki sejumlah depo yang melayani ratusan
ribu outlet pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, untuk lebih
memperluas jaringan, SNS juga bermitra dengan subdistributor besar yang
tersebar dari Aceh sampai Papua. Dengan kekuatan jaringan serta armada
distribusi yang sangat memadai, sejak 1994 SNS telah menjadi salah satu
perusahaan distributor FMCG terbaik untuk kategori makanan dan minuman.
Asia
Malaysia
Thailand
Philippines
Brunei
Darussalam
Vietnam
Hong
Kong
Singapore
Taiwan
South
Korea
Timor
Leste
China
Korea
Pakistan
AustraliaEurope
Netherlands
Germany
Middle East
Jordan
Yemen
Saudi
Arabia
United
Arab Emirates
Africa
Nigeria
South
Africa
North America
USA
& Mexico
Canada
Pacific Ocean
Samoa,
America
E.
STRUKTUR PERUSAHAAN
1.
StrukturTudung Group
Tudung
Group merupakan holding company Garuda Food Group, memilkiempat line of
Bussines (LOB) :
a.
LOB FOOD (Garuda Food)
Fokuspadaproduksidanpemasaranproduk
snack, biscuit, confectioneries, basic food dan dairy.
b.
LOB BEVERAGE (Suntory Garuda Beverage)
Fokuspadaproduksidanpemasaranminumanberbasis
of non-alcoholoic beverages.
c.
LiOB DISTRIBUTION (SinarNiaga Sejahtera)
Mendistribusikanmakanandanminuman
Garuda Food Group keseluruhwilayah di Indonesia.
d.
LOB AGRIBUSINESS
Terdiridaribeberapaperusahaan,
diantaranya : PT BumiMekarTani (Peanut Plantation), PT Garuda Bumi Perkasa (CPO
Mill), PT Hanusentra Agro Lestari (CPO Plantation).
2.
Corporate Structure Tudung Group

3.
StrukturManajer

F.
GAJI KARYAWAN
Salah satucontohgajikaryawanIndustripangan
PT. Garuda Food sebesar 1.489.000 per bulanuntukseorang driver dankenek,
daninisudahmencukupi UMR di Indonesia. Belumlagijabatan yang lebihtinggi.Dapatditarikkesimpulan,
gajikaryawanPT. Garuda Food sudahmencukupinilai UMR Indonesia.
G.
PRESTASI
Kacang
Garuda danOkky Jelly drinkraih Indonesia Customer Satisfication Award (ICSA)
2011
2011
– Top Brand Awzard Phase 2
2011
– Word of Mouth Marketing Award
2011 – Satria Award
2011 – Indonesia Best Brand Award
2011 – Top Brand for Kids
2011 – Top Brand Award
2010 – RekorBisnis
2010 – Top Brand Award
2010 – Top Brand for Kids
Tidak ada komentar:
Posting Komentar