Rabu, 16 Oktober 2013

Mahasiswa Pancasilais


Nama               : RisqiyatulJannah
NIM                : A1M012016
Prodi               : IlmudanTeknologiPangan
Kelas               : B (Genap)


SayaSeorangMahasiswa yang Pancasilais”
Sayadansebagianbesarwarga Indonesia tahuapaituPancasila. PancasilaadalahideologiRepublik Indonesiayaknisebuahideologibersama yang mengikatkeragamanmasyarakat Indonesia danmendasarisifatkepribadian Indonesia yang terdiridari lima sila yang berkesinambungandanutuhtidakdapatdipisahkan, yakni :
1.      Ketuhanan yang MahaEsa
2.      Kemanusiaan yang AdildanBeradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang dipimpinolehHikmatKebijaksanaandalamPermusyawaratanPerwakilan
5.      KeadilanSosialbagiSeluruh Rakyat Indonesia
Masadepansuatubangsaadalahmelihatgenerasimudanya. Kejayaansuatubangsaduapuluhtahunmendatangterlihatdaribagaimanakualitasgenerasimudanyasaatini.Jikakitasepakat, generasimudasekaranginisudahlebihbaik, makaharapanterhadapbangsainisudah di depanmata.Dalamhalini, Pancasilamerupakansalahsatupedomanmenggapaicita-cita, sekaligusjugaperekatbagikebersamaan yang salingmendukungdanmenguatkan.Pancasila yang mengandungnilai-nilaireligius, kemanusiaandansemangatmembangunkebersamaanitu, merupakandasar yang menjanjikanbagigenerasimuda Indonesia untukmembangunbangsainidenganlebihbaik.
Pendidikanpancasiladiberikandaribangku SD untukmembentukkepribadian yang baikdanPancasilaissejakdinikarenanantinyaakanmenjadigenerasipenerusbangsa. Pancasilaharusmenjadidasarpendidikanterutamauntukmenjagaintegritas Indonesia terhadapradikalisasiataupemahaman yang berbahayadariluar.MeskipunPancasilasudahdiberikansejak SD masihperludiberikanpadamahasiswa.Karenapadamasamahasiswainimulaitimbulpemikiran yang mendalamdankritis.Olehkarenaitu yang paling banyakberdemoadalahmahasiswa.Dan yang paling mungkinmenjadiparapemimpinbangsatidaklaintidakbukanadalahmahasiswa.
Pancasilasebagaiideologibangsainitidakbolehditinggalkankarenaakanmerusaktatananberdemokrasinegara. Adanyakrisis moral yang menimpaparapemimpin Indonesia dimanabudaya KKN (Korupsi, Kolusi, danNepotisme) terjadi di semuatingkatan, mulaipejabatkecilsampaiparapetinggi.Apalagidengandengunganreformasi yang salahsatuamanatnyaadalahmemberantas KKN.Selainmemberantas KKN padapemimpinsekarang, jugadiusahakansuatupembelajaran anti KKN terhadapparacalonpemimpinbangsa di masa yang akandatang.
UntukitukitasebagaipenerusbangsaharusmemilikijiwaPancasilais, karena“SayaadalahMahasiswaPancasilais”.MenjadiPancasialistakharusbergayaseperti veteran yang kerapmengenakanseragamkebesarandanberapi-apijikadiajakceritasoalsejarah.Jugatakmestiberpenampilanpatriotisala Bung Karno.MenjadiPancasilaisjugabisamodisdanseksi, baikdalam performance, caraberpikirdanbersosial. SeorangPancasialismemilikisemangatjuangtinggidalammengejarcita-citanya, menjunjungkeragaman, memilikikepekaansosialdanmengakarpadabangsadanpemerintahnya.MenunjukkansemangatPancasilaisdenganberbagaiketerampilansertatalenta yang dimiliki, belasangenerasimudakitaberjuangmengharumkannamabangsamelaluiberagam event, sepertiOlimpyadeSainsInternasional, Festival SenisertaKejuaraanOlahragasertaberhasilmenjadijuara.
MenjadiPancasilaisjugaharusmenerapkansilayang terkandungdalamPancasiladanmenerapkannya di dalamkehidupansehari-hari.Dari silapertamayaknisepertirajinberibadah, melaksanakanajaran Agama danmenjauhilarangan-Nya.Untuksilakeduaseperti di dalamkehidupanbermasyarakatkitaadalahmakhluksosial yang salingmembutuhkanjadikitaharussalingtolongmenolong.Untuksilaketiga, kitaadalahwarga Indonesia, kitaharusbersatuwalaupunberbedasuku, ras agama danselalumunjunjungnilaipancasilauntuk Indonesia.Untuksilakeempat, dalammemutuskansegalasesuatuharusdenganmusyawarahdanseorangpemimpinharusberlakuadilterhadapsemuanya.Dan untuksilakelimadalamkehidupanbernegarakitasemuaharusberlakuadilkepadaseluruhmasyarakat Indonesia karenakitasama-samamemilikihakasasimanusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar